Posted by: taufiksabirin | November 20, 2009

Contoh RPP PAI Kelas XI Semester

RANCANGAN PR0GRAM PEMBELAJARAN ( RPP)


Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam

Kelas / Semester         : XI / ganjil

Kurikulum Acuan          : Kurikulum  SMA 1 Batang Anai

Tahun Pelajaran           : 2009-2010

Alokasi Waktu             : 2 x pertemuan ( 180 menit )

Standar Kompetensi     : 2 (Memahami Ayat-Ayat Tentang perintah menyantuni kaum Dhuafa)

Kompetensi Dasar       :

2.1. Membaca QS Al Isra’:26-27 dan QS Al Baqarah : 177

2.2. Menjelaskan arti QS Al Isra’ :26-27 dan QS al Baqarah : 177

2.3. Menampilkan prilaku menyantuni kaum dhuafa seperti kandungan              QS al Isra’ : 26-27 dan QS al Baqarah : 177

KKM                           :74, 87, dan 70

Indikator

2.1.1. Membaca QS Al Isra’:26-27 dan QS Al Baqarah : 177 dengan Fasih.

2.1.2. Dapat menunjukan bacaan alif lam syamsiah dan alif lam qomariah

2.2.1. Mengartikan kata-kata sulit yang digarisbawahi

2.2.2. Menarik kandungan QS al Isra’ :26-27 dan QS al Baqarah :177

2.3.1. Mendeskripsikan hikmah penyantun terhadap kaum dhuafa dalam kehidupan sehari-hari.

2.3.2. Menganalisis bertuk perilaku yang dalam menyatuni kaum dhuafa

2.3.3  Membiasakan diri berperilaku menyatuni kaum dhu’afa.

Tujuan Pembelajaran

Setelah menjalini proses pembelajaran pada SK 2, KD. 2.1, KD 2.2, dan KD 2.3. diharapkan peserta didik dapat :

  1. Membaca QS al Isra’ :26-27 dan QS al Isra’ : 177 dengan fasih
  2. Mengartikan kata-kata sulit yang terdapat pada QS al Isra’ 26-27 Qs al Baqarah : 177
  3. Mengartikan QS al Isra’ :26-27 dan QS al Baqarah : 177 dengan bahasa Indonesia yang benar
  4. Menunjukan hukum bacaan tajwid bacaan alif lam syamsiayah dan alif lam qamariah QS. Al Qarah 177 dan al Isra’ 26-27.
  5. Menjelaskan pengertian kaum dhuafa
  6. Menjelaskan kandungan ayat tentang menyantuni kaum dhuafa
  7. Memberikan contoh bagaimana cara menyantuni kaum dhuafa
  8. Dapat mengamalkan perilaku menyantuni kaum dhuafa dalam kehidupan sehari-hari.

Materi Esensial

  1. QS al Isra’ :26-27 dan QS al Baqarah : 177
  2. Ilmu tajwid tentang alif lam syamsiah dan alif lam qamariah, mad tabi’i, idgham bighunnah, izhar dan ikfa.
  3. Arti kata-kata sulit
  4. Arti QS al Isra’ : 26-27 dan QS al Baqarah : 177
  5. Kandungan al Qur’an surat al isra’ :26-27 dan al Baqarah : 177
  6. Pengertian kaum dhuafa
  7. Pengertian menyantuni kaum dhuafa
  8. Menganalisis perilaku menyantuni kaum shuafa.

Pendekatan dan Metoda.

Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah Contectual Teaching and Learning (CTL)

Metoda yang digunakan adalah :

  1. Ceramah bervariasi.
  2. Diskusi kelompok kecil.
  3. Inquary terbimbing
  4. Tugas mandiri.

Kegiatan Sebelum Tatap Muka ( Tugas terstruktur)

  1. Menyalin QS  al Isra’ :26-27 dan al Baqarah :177
  2. Menyalin arti QS al Isra’ :26-27 dan QS al Baqarah : 177 ( Indikator 2.2.1 )
  3. Menyimpulkan kandungan QS al Isra’ : 26-27 dan QS al Baqarah :177 ( Indikator 2.2.2. )
  4. Menggaris bawahi ketentuan tajwid tentang alif lam qamariah dan alif lam syamsiah, idgham bigunnah,izhar dan ikfha yang terdapat dalam QS al Isra’ :26-27 dan al Baqarah :177. ( Indikator 2.1.2. )

 

Kegiatan Pembelajaran

 

PENDIDIK PESERTA DIDIK ALOKASI WAKTU

 

TATAPMUKA PERTAMA

Pendahuluan

  1. Mengkondisikan kelas dengan mengabsen dan menata tempat duduk peserta didik.

 

  1. Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap muka/ tugas terstruktur peserta didik.
  2. Membahas tugas peserta didik.

 

Kegiatan Inti

A. Ekplorasi

  1. Membacakan QS al Isra’ :26-27 dan al baqarah : 177, kemudian membaca  secara bergiliran sebanyak 5 orang.

 

  1. Membimbing peserta didik berdiskusi dengan teman sebangku.

B. Elaborasi

 

 

  1. Mengajukan beberapa pertanyaan pengarah, tentang ilmu tajwid terutama tentang alif lam syamsiah dan alif lam qamariah, mad tabi’i, idgham bighunnah, izhar dan ikhfa.

 

  1. Membimbing siswa untuk menemukan ilmu tajwid lainnya.

 

C. Konfirmasi.

  1. Menunjuk beberapa orang peserta didik secara acak untuk menyampaikan hasil diskusi dan temuannya.

 

  1. Memberikan penguatan terhadap hasil diskusi dan temuan peserta didik.

 

  1. Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan

 

Kegiatan Penutup.

  1. Memberikan tugas terstruktur yang berkaitan dengan materi selanjutnya.

 

 

 

TATAP MUKA KEDUA

Kegiatan Awal

  1. Mengkondisikan kelas dengan mengambil absen dan menata tempat duduk peserta didik.

 

  1. Memeriksa tugas sebelum tatap muka/tugas terstruktur

 

  1. Membahas tugas yang telah dikerjakan peserta didik.

 

 

 

Kegiatan Inti.

  1. Eksplorasi.

  1. Menginformasikan bagaimana cara menyantuni kaum dhuafa

 

  1. Membimbing peserta didik mempelajari bahan ajar yang telah disediakan.

 

 

  1. Elaborasi.

  1. Mengajukan beberapa pertanyaan pengarah untuk menuntun peserta didik menemukan upaya agar perilaku menyantuni kaum dhuafa dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

  1. Membimbing peserta didik untuk menemukan upaya penerapan perilaku menyantuni kaum dhuafa dalam kehidupan sehari-hari.

 

  1. Konfirmasi.

  1. Memberikan kesempatan kepada beberapa orang peserta didik untuk menyampaikan kesimpulan dan temuannya.

 

  1. Memberikan penguatan.

 

 

  1. Membimbing merumuskan kesimpulan akhir.

 

Kegiatan Penutup

  1. Menginformasikan kompetensi berikutnya.

 

  1. Memberikan tugas terstruktur sebagai kegiatan sebelum tatap muka berikutnya.

 

 

 

 

  1. Menjawab dan mempersiapkan diri untuk belajar

 

 

 

 

  1. Memperlihatkan tugas yang telah dikerjakan.

 

 

 

  1. Menanyakan tugas yang kurang dimengerti

 

 

 

 

 

 

  1. Mendengarkan  bacaan dari guru dengan baik dan mengulangi membacanya.

 

 

 

  1. Membahas dengan teman sebangku bahan ajar yang telah disediakan tentang entuan ilmu tajwid yang terdapat dlam QS al Isra; :26-27 dan al Baqarah :177.

 

 

 

  1. Menemukan contoh ilmu tajwid alif lam syamsiah dan alif lam qamariah, mad habi’i, idgam bighunnah, izhar dan ikfa dalam QS al Baqrah 177 dan al Isra’ 26 – 27. dengan mempertanyakan dan mendiskusikan dengan teman sebangku.

 

 

 

  1. Menemukan contoh ilmu tajwid lainnya seperti hukum mim mati, qalqalah dan mad.

 

 

 

 

  1. Beberapa orang peserta didik yang ditunjuk menyapaikan hasil diskusinya dan temuan lainya.

 

 

 

  1. Menyimak dan mencatat penguatan yang diberikan pendidik.

 

 

  1. Merumuskan kesimpulan.

 

 

 

 

  1. Mengerjakan tugas terstruktur yang diberikan pendidik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Menjawab dan duduk ditempat duduk yang ditentukan.

 

 

 

  1. Memperlihatkan / menyerahkan tugas yang telah diselesaikan.

 

  1. Menyampaikan ide dan mempertanyakan tugas yang kurang dipahami.

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Mendengarkan informasi dari guru dan menarik kesimpulan.

 

 

  1. Mempelajari dan membahas dengan teman sebangku bahan ajar yang telah disediakan tentang cara menyantuni kaum dhuafa. dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

 

  1. Mempertanyakan dan mendiskusikan dengan teman sebangku upaya-upaya yang dapat dilakukan agar perilaku menyantuni kaum dhuafa dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.

 

 

 

 

  1. Menemukan taktik dan strategi untuk menerapkan perilaku menyantuni kaum dhuafa dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

 

 

 

 

  1. Bebrapa orang peserta didik menyampaikan kesimpulan dan temuannya.

 

 

 

 

  1. Menyimak dan mencatat penguatan yang diberikan pendidik.

 

  1. Menarik kesimpulan akhir.

 

 

 

 

  1. Mendengarkan informasi dari guru.

 

 

  1. Mengerjakan tugas yang diberikan guru.

 

 

 

 

2 jam

2 Jam

Sistim Penilaian

  1. Penilaian proses dilaksanakan selama proses pembelajaran berlansung dengan menggunakan pedoman pengamatan ( terlampir).
  1. Penilaian hasil belajar, dilakukan  tes tertulis dalam bentuk mexing assesment  ( soal terlampir )

Media dan Sumber Belajar

1.  Al Quran.

2.  Bahan ajar

3.  Power   point.

 

4.  Buku pelajaran pendidikan Agama Islam kls XI

Pasar Usang,  Juli 2009.

Guru Mata Pelajaran.

Mengetahui

Kepala Sekolah.

 

Drs. Taufik Sabirin,M.Pd.

NIP. 131 853 131

Drs. Mulyadi, R.MM

NIP. 131 472 082

 

 


Leave a comment

Categories