RANCANGAN PR0GRAM PEMBELAJARAN ( RPP)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : XI / ganjil
Kurikulum Acuan : Kurikulum SMA 1 Batang Anai
Tahun Pelajaran : 2009-2010
Alokasi Waktu : 2 x pertemuan ( 180 menit )
Standar Kompetensi : 2 (Memahami Ayat-Ayat Tentang perintah menyantuni kaum Dhuafa)
Kompetensi Dasar :
2.1. Membaca QS Al Isra’:26-27 dan QS Al Baqarah : 177
2.2. Menjelaskan arti QS Al Isra’ :26-27 dan QS al Baqarah : 177
2.3. Menampilkan prilaku menyantuni kaum dhuafa seperti kandungan QS al Isra’ : 26-27 dan QS al Baqarah : 177
KKM :74, 87, dan 70
Indikator
2.1.1. Membaca QS Al Isra’:26-27 dan QS Al Baqarah : 177 dengan Fasih.
2.1.2. Dapat menunjukan bacaan alif lam syamsiah dan alif lam qomariah
2.2.1. Mengartikan kata-kata sulit yang digarisbawahi
2.2.2. Menarik kandungan QS al Isra’ :26-27 dan QS al Baqarah :177
2.3.1. Mendeskripsikan hikmah penyantun terhadap kaum dhuafa dalam kehidupan sehari-hari.
2.3.2. Menganalisis bertuk perilaku yang dalam menyatuni kaum dhuafa
2.3.3 Membiasakan diri berperilaku menyatuni kaum dhu’afa.
Tujuan Pembelajaran
Setelah menjalini proses pembelajaran pada SK 2, KD. 2.1, KD 2.2, dan KD 2.3. diharapkan peserta didik dapat :
- Membaca QS al Isra’ :26-27 dan QS al Isra’ : 177 dengan fasih
- Mengartikan kata-kata sulit yang terdapat pada QS al Isra’ 26-27 Qs al Baqarah : 177
- Mengartikan QS al Isra’ :26-27 dan QS al Baqarah : 177 dengan bahasa Indonesia yang benar
- Menunjukan hukum bacaan tajwid bacaan alif lam syamsiayah dan alif lam qamariah QS. Al Qarah 177 dan al Isra’ 26-27.
- Menjelaskan pengertian kaum dhuafa
- Menjelaskan kandungan ayat tentang menyantuni kaum dhuafa
- Memberikan contoh bagaimana cara menyantuni kaum dhuafa
- Dapat mengamalkan perilaku menyantuni kaum dhuafa dalam kehidupan sehari-hari.
Materi Esensial
- QS al Isra’ :26-27 dan QS al Baqarah : 177
- Ilmu tajwid tentang alif lam syamsiah dan alif lam qamariah, mad tabi’i, idgham bighunnah, izhar dan ikfa.
- Arti kata-kata sulit
- Arti QS al Isra’ : 26-27 dan QS al Baqarah : 177
- Kandungan al Qur’an surat al isra’ :26-27 dan al Baqarah : 177
- Pengertian kaum dhuafa
- Pengertian menyantuni kaum dhuafa
- Menganalisis perilaku menyantuni kaum shuafa.
Pendekatan dan Metoda.
Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah Contectual Teaching and Learning (CTL)
Metoda yang digunakan adalah :
- Ceramah bervariasi.
- Diskusi kelompok kecil.
- Inquary terbimbing
- Tugas mandiri.
Kegiatan Sebelum Tatap Muka ( Tugas terstruktur)
- Menyalin QS al Isra’ :26-27 dan al Baqarah :177
- Menyalin arti QS al Isra’ :26-27 dan QS al Baqarah : 177 ( Indikator 2.2.1 )
- Menyimpulkan kandungan QS al Isra’ : 26-27 dan QS al Baqarah :177 ( Indikator 2.2.2. )
- Menggaris bawahi ketentuan tajwid tentang alif lam qamariah dan alif lam syamsiah, idgham bigunnah,izhar dan ikfha yang terdapat dalam QS al Isra’ :26-27 dan al Baqarah :177. ( Indikator 2.1.2. )
Kegiatan Pembelajaran
PENDIDIK | PESERTA DIDIK | ALOKASI WAKTU |
TATAPMUKA PERTAMA
Pendahuluan
Kegiatan Inti
A. Ekplorasi
B. Elaborasi
C. Konfirmasi.
Kegiatan Penutup.
TATAP MUKA KEDUA
Kegiatan Awal
Kegiatan Inti.
Kegiatan Penutup
|
|
2 jam
2 Jam
|
Sistim Penilaian
- Penilaian proses dilaksanakan selama proses pembelajaran berlansung dengan menggunakan pedoman pengamatan ( terlampir).
- Penilaian hasil belajar, dilakukan tes tertulis dalam bentuk mexing assesment ( soal terlampir )
Media dan Sumber Belajar
1. Al Quran.
2. Bahan ajar
3. Power point.
4. Buku pelajaran pendidikan Agama Islam kls XI
Pasar Usang, Juli 2009.
Guru Mata Pelajaran.
Mengetahui
Kepala Sekolah.
Drs. Taufik Sabirin,M.Pd.
NIP. 131 853 131
Drs. Mulyadi, R.MM
NIP. 131 472 082
Leave a comment